Rabu, 16 November 2011

Mengkoneksikan java ke MySQL

Untuk mengkoneksikan java dengan database Mysql yang pertama kali kita butukan adalah konektornya bisa di download disini (494 kb).

Sebelumnya kita harus sudah menginstall software mysql di komputer kita, dan jangan lupa mengaktifkannya. Untuk mengecek mysql kita aktif atau tidak, kita bisa masuk ke services dengan cara klik start –run  - ketik services.msc – lalu enter . Setelah program diaktifkan kita masuk ke "MySql Command line client" dan ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini :


pertama kita masukkan password kita setelah password berhasil ketikkan "create database coba " yang artinya membuat database dengan nama "coba".

Setelah itu buka program editor, kali ini saya menggunakan netbeans 6.5 . buat project baru dan beri nama sembarang. Setelah itu import konektor.jar yang sudah di download tadi, sebelumnya ekstrak dulu jika file masih berbentuk ".rar".  lalu pada folder library klik kanan dan pilih "Add JAR/Folder.." cari tempat file konektor hasil donlotan mu tadi dan klik "ok".


Setelah itu buat new java Class baru dan ketikkan source code dibawah ini.


Terlebih dahulu import class - class yang ada pada koneksi.jar yang kita import tadi dengan cara mengetikkan .

Import java.*,*; ( seperti gambar diatas );

Setelah itu kita menginisialisasikan nama koneksi yang akan kita buat.
"localhost:3309/coba?user=root&password=password" artinya koneksi menggunakan port 3309 ( port ini tergantung pengisian saat pertama menginstall mysql ), dicontoh ini aku menggunakan port 3309, mungkin jika kamu tidak mengubah portnya pada saat menginstall mysql port akan terisi dengan otomatis secara default yaitu "3306" jadi pada program kamu nanti ganti port dengan default ( 3306 ). Pada code "coba" menunjukkan database yang telah kita buwat tadi yang akan kita koneksikan. "user=root" menunjukkan user disini masih menggunakan nama user yang default yaitu "root" dan password isi dengan password sqlmu.

Jika program berhasil maka akan tampil form berhasil seperti pada gambar diatas. Jika program salah, error handling pada trycatch yang kita pasang tadi akan menampilkan error / kesalahan pada program.

SourceCode diatas juga bisa di download disini
Semoga bermanfaat ...

1 komentar:

biedah hamdan mengatakan...

boleh sy belajar netbean lebih detail dari kamu??

Poskan Komentar

 
Jangan lupa like yaaaaa....!!